Senin, 20 Desember 2010

PENYUSUNAN SATUAN PELAJARAN


A.  Pengertian
Pembelajaran atau proses belajar mengajar adalah proses yang diatur dengan langkah-langkah tertentu, agar pelaksanaanya mencapai hasil yang diharapkan. Langkah –langkah tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk perencanaan mengajar. Proses penyusunan perencanaan pengajaran memerlukan pemikiran-pemikiran sistematis untuk memproyeksikan atau memperkirakan mengeani apa yang akan dilakukan dalam waktu melaksanakan pengajaran..
Rencana mengajar atau persiapan mengajar atau lebih dikenal dengan satuan pelajaran adalah program kegiatan belajar mengajar dalam satuan terkecil ( Abdul Majid, 2009 : 103). Dalam buku yang sama Syaodih mengungkapkan bahwa guru mengembangkan perencanaan dalam bidangnya untuk jangka waktu satu tahun atau satu semester, satu minggu, atau beberapa jam saja. Untuk satu tahun dan semester disebut sebagai program unit, sedangkan untuk beberapa jam pelajaran disebut program satuan pelajaran, yang dalam implementasinya kurikulum 2004 memiliki komponen kompetensi dasar, materi standart, prosedur pembelajaran, metode dan evaluasi berbasis kelas serta bahan mengajar ataupun alat yang digunakan.

Secara sistematis rencana pembelajaran dalam bentuk satuan pelajaran adalah sebagai
berikut :
  1. Identitas mata pelajaran (nama pelajaran, kelas, semester, dan waktu atau banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan ).
  2. Kompetensi dasar dan indicator yang hendak dicapai atau dijadikan tujuan dapat diikuti atau diambil dari kurikulum dan hasil belajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  3. Materi pokok ( beserta uraianya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar )
  4. Media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
  5. Strategi pembelajaran atau scenario atau tahapan-tahapan prose belajar mengajar yaitu kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber-sumber belajar untuk menguasai kompetensi.
Tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran meliputi :
    1. Kegiatan awal
Kegiatan pendahuluan dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada siswa, memusatkan perhatian, dan mengetahui apa yang telah dikuasai siswa berkaitan dengan bahan yang akan dipelajarai
    1. Melaksanakan apersepsi atau penilaian kemampuan awal.
Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal yang dimiliki siswa. Seorang guru peru menghubungkan materi yang akan dipelajari siswa dan tidak mengesampingkan motivasi belajar terhadap siswa.
    1. Menciptakan kondisi awal pembelajaran melalui  upaya :
§         Menciptakan semangat dan kesiapan belajar melui bimbingan guru kepada siswa.
§         Menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis dalam belaja, melalui cara dan teknik yang digunakan guru dalam mendorong siswa untuk berkreatif dalam belajar dan mengembangkan keunggulan yang dimilikinya.
    1. Kegiatan inti
Kegiatan inti adalah kegiatan utama untuk menanamkan, mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan berkaitan dengan bahan kajian yang bersangkutan. Kegiata inti setidaknya mencakup beberapa hal :
§         Penyampaian tujuan pembelajaran.
§         Penyampaian materi atau bahan ajar dengan menggunakan : pendekatan dan  metode , sarana dan prasarana dan alat atau media yang sesuai.
§         Pemberian bimbingan bagi pemahaman siswa
§         Melakukan pemeriksaan atau pengecekan tentang pemahaman siswa .

Dalam kegiatan ini siswa dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok pembelajaran ,yaitu
§         Pembelajaran klasikal yang digunakan apabila materi pembelajaran lebih bersifat fakta atau formatif terutama ditujukan untuk memberikan informasi atau sebagai pengantar dalam prose pembelajaran. Sehingga cenderung metode ceramah dan tanya jawab akan banyak digunakan.
§         Pembelajaran kelompok digunakan apabila materi pembelajaranya lebih mengembangkan konsep atau sub pokok bahasan yang sekaligus mengembangkan aktifitas social. Kegiatan guru akan lebih banyak memantau dan mengawasi kelompok belajar sehingga setiap siswa dalam kelompok turut berpartisipasi.
§         Kegiatan belajar individual
Artinya setiap anak yang belajar dikelas mengerjakan atau melakukan kegiatan belajar masing-masing. Dalam pembeljaran individu ini setiap siswa dituntun untuk mengerjakan tugasnya sesua dengan kemampuan yang mereka miliki. Implikasi dari pembelajaran individual ini guru harus banyak memberikan perhatian dan pelayanan secara individual, sebab setiap  anak berbeda kemampuanya.
    1. Penutup
Kegiatan penutup ini adalah kegiatan yang memberikan penegasan atau kesimpulan dan penilaian terhadap penguasaan bahan kajian yang diberikan pada kegiatan inti. Kegiatan ini meliputi :
§         Melaksanakan penilaian akhir dan mengkaji hasil penilaian.
§         Melaksanakan kegiatan tindak lanjut dengan alternative kegiatan diantaranya : memberikan tugas atau latihan –latihan , menugaskan mempelajari materi tertentu .
§         Mengakhiri proses pembelajaran dengan menjelaskan atau memberi tahu materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya..
  1. Menentukan jenis penilaian dan tindak lanjut . tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan pembelajaran yang dilakukan. Berbagai contoh bentuk penilaian antara lain : tes, tes tulis, kinerja, penugasan  tergantung aspek apa yang akan diukur.
  2. Sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.

Agar penjabaran diatas dapat lebih mendalam, maka berikut disajikan contoh format persiapan model pembelajaran
FORMAT PERSIAPAN MODEL SATUAN PEMBELAJARAN
             I.      Identitas Mata Pelajaran
1.      Mata Pelajaran                     : ………………..
2.      Materi pokok                        : ………………..
3.      Kelas / semester                   : ………………..
4.      Pertemuan minggu ke          : ………………..
5.      Alokasi waktu                      : ………………..
          II.      Kemampuan Dasar atau Tujuan Pembelajaran
1.  Kompetensi Dasar                 : ………………..
2.  Indicator                               : ………………..
       III.      Materi Pembelajaran
Uraian materi pokok
     ……………………………………………………………………………………….
       IV.      Media atau Alat Pembelajaran
     ……………………………………………………………………………………….
          V.      Strategi Pembelajaran atau Tahap Pembelajaran

No
Kegiatan belajar
Waktu
Aspek yang dikembangkan
1
Pendahuluan :
  1. Prasyarat : menanyakan tentang
  2. Motivasi, mengapa manusia memerlukan ?


2
Kegiatan inti





3
Penutup
  1. Menyimpulkan
  2. Pemberian tugas pokok bahasan berikutnya


       VI.      Penilaian dan tindak lanjut
§         Prosedur Penilaian         : ………………..
§         Jenis penilaian                : ………………..
§         Alat penilaian                 : ………………..
    VII.      Sumber belajar
   ……………………………………………………………………………………….























BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Rencana mengajar atau persiapan mengajar atau lebih dikenal dengan satuan pelajaran adalah program kegiatan belajar mengajar dalam satuan terkecil
Secara sistematis rencana pembelajaran dalam bentuk satuan pelajaran adalah sebagai berikut :
  1. Identitas mata pelajaran
  2. Kompetensi dasar dan indicator
  3. Materi pokok
  4. Media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
  5. Strategi pembelajaran
Tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran meliputi :
    1. Kegiatan awal
    2. Melaksanakan apersepsi atau penilaian kemampuan awal.
    3. Menciptakan kondisi awal pembelajaran melalui  upaya :
    4. Kegiatan inti
    5. Penutup
  1. Menentukan jenis penilaian dan tindak lanjut . tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan pembelajaran yang dilakukan. Berbagai contoh bentuk penilaian antara lain : tes, tes tulis, kinerja, penugasan  tergantung aspek apa yang akan diukur.
  2. Sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.












DAFTAR PUSTAKA


Hariyanto, 2006.Perencanaan Pembelajaran. Jakarta  : Rineka Cipta.
Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:  Rosda Karya.

Makalah ini diterbitkan setelah dipresentasikan oleh  M.Romadlon  ,Slamet Edy Mulyani,  Suyanto semester V-A Staim

1 komentar:

  1. emperor casino | Shootercasino
    emperor casino. You will find a very good 카지노 selection of slot machines, especially video poker games 인카지노 such as Roulette. 제왕카지노 Play at The Best Empire Casino!

    BalasHapus